Sunday, August 28, 2016

RE-ORGANISASI DPM FEB UDINUS 2016 [Part 1]



Cerita ini bedasarkan pada sudut pandang pribadi penulis. Di dedikasi untuk kenangan terakhir bersama DPM FEB periode 2015 – 2016. Selamat! Kalian luar biasa.
***

Kamis, 25 Agustus 2016

Disuatu waktu, bahagia kita adalah terlepas dari tanggung jawab. Kemudian mempunyai tanggung jawab baru. Untuk aku, dan beberapa orang lainnya di DPM yang harus tetap melanjutkan kepengurusan DPM periode 2016 – 2017, tanggung jawab kita adalah hal itu, hal yang sama. Namun, bagi 7 orang senior lainnya, tanggung jawab mereka adalah menyelesaikan syarat kelulusan. Apalagi namanya… skripsi.

Yaelah!

Apa gunanya uang kas? Apa gunanya tenaga dan waktu yang tersita demi rapat? Apa gunanya program kerja, kerja keras kita? Apa gunanya semua itu, jika diakhir tanpa ada sesuatu yang lain.

Refreshing, misalnya.

Dan Reor adalah sebuah jawaban.

Dengan segala kendala, mulai dari salah satu anggota yang punya masalah pribadi, sdr.Arief asal Jakarta. Dan mba Nopee, ibu bendaharawan DPM.
Sangat disayangkan sih. Pertama, kita udah cari banyak solusi agar mereka bisa ikut. Kedua, banyak diantara suara-suara hati kita mengatakan gak setuju atas keputusan mereka, terutama mba Nopee, yang rela mengorbakan dirinya karena permasalahan izin orang tua. Okelah. Pak ketua, Arditnya, bahkan udah bela-belain telepon ke orang tuanya mba Nopee untuk meminta izin. Hasilnya gatol banget. Gagal Total!

Dan meskipun aku juga ikut kecewa, karena satu hal… Arief maupun mba Nopee banyak membantu selama kepengurusan di periode ini. Gak adil, kan kalau kita ber-8 bersenang-senang tanpa mereka.

Hey, katanya kita keluarga? Mana ada keluarga yang gak setia kawan.
Uluh-uluh. Barusan, aku mengaktifkan LINE lama, yang mana banyak chatt dari grup organisasi di kampus. Ternyata, aku ketinggalan banyak hal, duh (-_-)

Oke, kembali ke topik. Karena bbm mba Nopee tengah mengalami problem. Dia mengutarakan hasil keputusannya lewat Line. Menurutku, keputusan pak Arditya udah tepat. Tanpa mba Nopee, dan Arief kita tetap reor.

Kita emang kecewa, tapi alasannya mba Nopee cukup untuk memberi kita keputusan. Dan semoga lain kali, kita bisa ‘holiday’ bareng ber-10 lengkap, yay! Aamiin.

Btw, pas banget… anggota DPM ada 5 orang cowok, 5 orang cewek. Dan ber-8 itu juga pas. Kok bisa? Eyke juga gak tauuu, please deh gausah tanya, hahaha.
***

Rencana awal pak Arditya, dkk adalah beberapa berangkat dari kampus, dan beberapa dari Bergas, at Rumah Mas Yoga. Tempat nitipin motor yang gak perlu dipakai.

Alasannya simple, karena gak semua orang rumahnya deket kampus. Dan bahkan mas Yoga + Mas Arditya gak perlu naik turun dari rumah ke kampus. Btw, Semarang terdiri dari Semarang Atas dan Semarang Bawah. Kebetulan, kampus UDINUS terletak di Semarang bawah.

Semoga mudeng sama penjelasan barusan, terutama untuk yang belom pernah ke Semarang, wkwk.

Nah, aku rencana naik motor dari kampus, motor bekas mba Laila dari jaman SMP, guys. Elah motor metic tua. Bagian yang nyetir motor aku itu mas Imron, gak berani eyke miring sana, miring sini nyikut truck, nyikut gebetan orang aje gagal teruuus (*nah loh?) dan motor lainnya yang berangkat dari kampus: Mba Linda, Puspita.
Yey motorku noh.
4 orang lainnya sudah menunggu kita di Bergas, rumah Mas Yoga, antara lain: Mas Roni, Mas Arditya, Mba Dinda, dan Mas Yoga, si pemilik rumah mah enak.
 
SPBU, Di Tanah apaan lupa namanya, hehe. Sekitaran Bergas-Bandungan.
 Uluh-uluh.

Alhamdulilah yaaah akhirnya kita sampe Bergas dengan selamat sentosa, baca bismillah juga telat ikh(-_-) Ew, muka abis dandan dah kucel semua deh.

Bagian motor yang dititipin: Punya mba Dinda, dan punyaku, beat nomer cantiks 6838. Awas nomer cantik, rawan di korupsi sama Polisi Plat. Nomer motornya patner yang nyetir eyke juga cantik, 6252, nah loooh? Duh.
***

Mpus alias Puspita, ketua DPM periode baru malah keblablasan dari rumah mas Yoga, wkwk. Dia nyetirnya hebat loh. Semarang – Temanggung sering bolak-balik, wedeh itu kalau ke rumah Puspita jalannya curam, eyke aja gak berani, cuy.

Estimasi waktu perjalanan, dari kampus UDINUS, ke Bergas at rumah Mas Yoga, otw: 09.15 wib. Nyampe 09.50 wib . Yaw, jalannya banyak truck + lampu merah + berhenti di Pom Bensin dulu, maklum agak telat.

Nyampe sana, mas Imron yang tadinya jadi patner aku diganti. Oke, biar gak ribet nih struktur yang nyetir – bonceng.
1)      Mas Arditya – Mba Linda, di tengah jalan pulang tukeran, Mas Imron – Mba Linda
2)      Mas Imron – Puspita, di tengah jalan pulang tukeran, Mas Arditya – Puspita.
3)      Mas Roni – Mba Dinda.
4)      Mas Yoga – Aku.

Motor paling parah dan hampir mogok: Motor Puspita (1). Motor yang belom di servis, yang konon kata pemiliknya lali(lupa) diaaa, wkwk, motor mas Yoga (4) yang kalo nge-rem sesekali bunyi nya adooow, ya gitu. Aus.

Pada intinya, perjalanan reor kita itu butuh motor dengan tenaga ekstra loh. Jalannya menanjak, naik naik – turun turun, lah kayak hubungan kita, kan? (*eh, baper)
***

OTW Tawamangun dari rumah Mas Yoga at Bergas - Semarang: 09.59 wib. Semoga jam eyke gak kecepetan atau kelamaan.

Boleh curcol gak? Ew, aku gak deket sama Mas Yoga ikkkh, bawaannya jadi pendiem. Kayak patung, lah pas naik motor sama dia, cuma melongo, masa ngeluh minta pindah motor? Kayak bocah, wkwk, mending sama Mas Im deh, diajak ngobrol mele, gak ngantuk.

Eh, tapi itu kesimpulan pas awal aja ya. Kan belom masuk ke inti cerita :p
Semoga mas Yoga gak baca, eh, kalo dia baca harus sampe akhir biar gak baper, hahahahahh.
***

Jangan lupa baca Bismillah. Minta restu orang tua. Lah umi aku aja baru serius tanya ini – itu pas aku udah di kostan, dasaaar deh umi. Mereka sibuk mau piknik ke Bandung (-_-)

Yaw, selamat menikmati perjalanan. Lewat Bergas, Semarang – Bawen – Tuntang – Salatiga – Boyolali – Solo Kota – Karanganyar – Tawamangun.

Rute yang melelahkan, karena kita ber-4 motor. Harus dong, kalau ada anggota yang hilang dari pandangan: tin tin, klason. Kalo ada anggota yang kehabisan bensin: tin tin, klason. Kalo ada anggota yang lelah, waktu sholat, dll: tin tin, klakson.

Tin, tin, klason – otomatis kita berhenti, nungguin yang lain.

Ya, pokoknya jangan sampai terpisah. Wokeh!

Ohiya, sebagai partner yang duduk dibelakang, wajib lah bantuin yang nyetir pakai tangan. Pas mau nikung kanan atau nikung kiri, gituuu loh.

Moga you you ngerti maksudnya, capek nih mikir kosa-kata yang tepat.
***

Btw, di awal-awal, aku garing yak, mas Yogaaaa mana, mas Yoga?
Sampe Boyolali, itu aja udah 2-3 jam perjalanan dari Bergas, kita ngobrolnya gak banyak, plus kita cuman ikutan ngobrol pas lampu merah, itu pun bareng anak di motor lain.

Eah.

Sahabat aku mah said: halah Nida ogg cerewet, bikin bĂȘte, aaah bikin kangenin, ya pokoknya tanpa ada lo, kita gak rame Nid. Gada yang ngajak debat.

Lah, aku kok dalam beberapa waktu kadang jadi pendiem banget. Kepribadian ganda, Nid? Hadeh (-_-)
***

Kaki mulai pegel sampai Boyolali kota, mulai leyeh-leyeh setiap berhenti lampu merah. Mas Yoga juga mulai pegel, sesekali mas Yoga olahraga motor (?). Mas Imron mulai ngantuks, keliatan banget dari matanya. Mba Dinda udah pucet, mata panda, mas Roni entah deh, kayak ninja, ketutup semua, gak keliatan. Mba Linda kekurangan lipstick tuh kayaknya, wkwk, yang nyetir juga, dah garing ring ring, yang nyetir mas Arditnya.

Kita udah butuh Rest Area. Butuh banget.

Semua lelah. Butuhnya kasur.
Dan rest area kita adalah Karanganyar kota, disana semua yang muslim sholat sek, minum sek, rengangkan otot sek. Ya pokoknya hemat waktu secepatnya, baru otw lagi.
Seingat aku, waktu itu jam 12an lewat, selesai sholat dan mulai otw lagi.
Sampai Karangayu bagian dalem, yang sudah memasuki gunung, kita berhenti. Lupa dipasar apa…
Beli gorengan.
Beli bakso, jajanan SD.
Makanin jajan yang beli di Alfamart.
Minum.
 
Rest Area kedua, setelah masjid.
Mas Yoga mulai ngobrol, kayak ngobrolin cuaca: Nid, mendung, bawa jas hujan gak?
Atau ngobrolin soal motor eyke, ngobrolin lain-lain, auh ah lupa.

Kalau motor yang lain gak tau yaaak, mereka sesekali keliatan ngobrol kok.
Mungkin biar gak bosen, apa engga emang mereka mulai bosen, wkwk (>,<)
***

Mulai masuk, welcome Karanganyar bagian dalem, udah mulai dingin udaranya, mulai berat beban motor, mulai sunyi, mulai banyak kabut, aaah mulai--- mulai. Pokoknya mulai Tawamangun rasa Bandungan yang kalo kata Mas Yoga, wkwk.

Njir, terus ngapain jauh-jauh ke Solo, kalo Semarang aja punya Bandungan, mas? Auh deh, biar pengalaman aja sih, kayaknya.

Motor (1) yang di sponsorkan oleh Puspita dan Mas Imron mulai lelah, mereka ganti seat, yang nyetir Puspita dan Mas Imron dibelakang, yang lain ngakak aja, masa cowok boncengan? Wkwk~ gak gentle luh, mas (*peace.)

Nah gimana lagi, kan mas Imron capek, dan Puspita jago nyetir kok. Tapi sampai bagian kabut-kabutan mereka tukeran seat lagi, kata Puspita dia gak kuat meler, udaranya dingin banget.

Aduh, mas Yoga kuat, ya? Untung aja sih, mas Yoga pakai tas di depan, jadi lebih enak gitu, gak terlalu dingin. Dia juga pake masker, pake kacamata item, pake jaket parasut, pake sarung tangan, pake sepatu, pake kaos kaki. Lengkap, men. Dah pengalaman ya, mas?

Yang lain juga sama kok, mas Arditnya juga, biasanya dia kan gak pake masker kalau naik motor, sekarang pake. Mas Roni apa lagi, gausah ditanya deh, ketutup semua, kayak ninja, pake kacamata, plus tutupan kaca helm pula, wkwk.
 
Ninja, mas Roni.
Lah, mas Imron? Pake sandal cobaaa… gak pake kaos kaki, eyke yang pake sepatu kets masih kedinginan loh, dia juga gak bawa masker, itu aja aku pinjemin yang merah ikh. Dasar gak modal apa gimana deh, dia.
 
Mas imron, itu kaos kaki siapa? wkwkwk :p
Di tikungan nanjak, mas Yoga said: eeeh, eeeh, eeeh. Motornya miring gak kuat sampe mau jatuh. Awalnya aku ikutan, eh, eh, eh. Abis itu langsung astagfirullah. Terus reflex aja mukul bahu mas Yoga, nyuruh nyetir yang bener. Songong, luh mas. Malah ketawa, hahahahah.

Eh baliknya dia said lagi: Ey Nid, yang penting selamat sentosa kok. Tenang. Aman.

Yay, sekarepmu, weees.

Dasar cowok-cowok nih ya, pengalaman ke Tawamangun, Solo = pengalaman belajar jadi pembalap handal di tikungan.

Belajar nikung pacar orang aja sana, mas… mas, wkwk.
***

Yay, sampe! Itu udah beberapa kali salah jalan loh, perlu tanya orang sekitar dulu.
Disana, kita nyewa kayak kamar villa di Hotel Abadi, depannya ada Tegala Sarangan. Bagus banget pemandangannya.

Satu tempat, ada 2 kamar, kamar mandi dalem, ruang TV, Air panas, ada dapurnya di bawah, bisa masak + ada perabotan dapur, plus bisa 8 – 10 orang per kamar yang kita sewa. Biayanya, 500ribuan/malam.
 
Nama kamarnya: BUGENVIL.
Murah, kok. Tapi gatau ya, mungkin kalau cuman ber-4 ada pilihan kamar lain yang lebih murah. Hotel lain juga bagus kok, kita sempet pengen pindah tempat, cuman gara-gara listriknya mati waktu pertama kita baru dateng, tapi nyala kembali menjelang malam kok. Bisa nge-cash Hape deh (^.^)
Kamar cewek. Yang punya cowok gak jauh beda.

Hotel sekitar Telaganya sepi, mungkin karena bukan weekend

Beres-beres barang, yang mau pipis – benerin lipstick – boboan bentar, silahkan.
Yang mau duduk-duduk di teras, yang mau nge-teh dulu, juga silahkan.
Yang mau foto-foto dulu, jugaaa… silahkan.
Mami Ketua DPM periode 2016 - 2017. Mba Mpuuussspita.


Nih yang namanya mas Yoga. Partner bocengan aku. Partner juga di Komisi Aspirasi.
 
Muka-muka lelah. Duh, mas Imron aja sampe merem gitu.
Setelah itu, kita makan. Jalan bareng menelusuri Telaga Sarangan, duh romantis ya. Kayak berpasang-pasangan ikh kita, wkwk. Aslinya mah kagak, pada sibuk foto-foto dewek.

Ewww.

Kita makan dengan menu: Paket Nasi Marem. Alhamdulilah aku masih inget namanya, wkwk. Itu menu paling murah loh disana, menu paketan. Ayam, nasi bla bla plus es teh, diganti teh anget.
 
Nasi Marem? apa Merem? apa Malem?
Ber-8 pilih Paket Marem semua, (*-*) Gak modal, apa emang niat hemat?
Namanya juga mahasiswa.

Abis sibuk foto-foto, yang sibuk tuh Mas Yoga, Mas Roni sama Mba Dinda. Kalo mas Arditnya, sibuk beli jajan. Mas Im ngantuk jare. Aku, Puspita, mba Linda lagi capek.

Udah ngisi tenaga, kita jalan-jalan di sekitar, mau muter sampe mentok gak jadi, takut gak berujung. Kata mba Dinda, para cewek mah cari yang pasti-pasti aja. Iya juga sih, mba. Mana lagi, udah sore, mau ujan pula, dan kita pada gerah walau cuaca dingin. Pokoknya udah pada butuh kasur.
 
Yang lain sibuk foto pake kamera. Kita mah foto pake hape aja udah bahagia kok :p
Mas Arditya iiih merusak pemandangan ikkkh -__-

Kita adalah... calon akuntan. Aamiin.

nb: semua dokumentasi foto dari HP. Dokumentasi lainnya belum minta. -Nidake

Sebelum kembali ke Hotel, kita beli indomie dulu. Semua sepakat pilih Indomie rebus. Beli sabun, gada yang bawa sabun soalnya. Mampir bentar, foto-foto lagi.

Lagi.,

Baru deh, ketemu kasur.

Ayo mandi, ngemilin jajan, nonton acara gossip, haha.
Selesai sholat maghrib, udah pada mandi semua. Kita kumpul di ruang TV. Sudah ada mas Yoga dengan kaos hitamnya, mas Arditya entah pake baju apaan warna merah nyala gitu, mas Roni yang masih gembul, ew, pantesan pada manggil mbul, wkwk (*peace) dan mas Imron pake kaos gambar gak jelas, lupa, eyke gak perhatiin.

Ada mba Dinda, Puspita, aku, sedangkan mba Linda masih mandi.
Kita main poker. Aku sengaja gak ikutan, udah gak pokus. Ditanya mas Arditya, “Nid, bisa main gak?”
 
Poker Time.
Sebenernya bisa sih, cuman beberapa trik doang. Itu pun aja yang paling mudah kayaknya. Dah lupaaa, cuy.
Dan mereka main dengan cara yang beda-beda. Aku liatin aja deh, sekalian jadi paparzi.
Mereka tuh seru banget loh. Mereka juga asyik. Bikin ketawa terus, padahal aku cuman liatin. Terutama kalo ada mas Arditya, beuh bahasannya apa deh. Error semua otaknya.

Haha.

Nah, sekitar jam 20.00 wib kita keluar. Naik motor, padahal deket (-_-)
Ohiya, aku belum cerita soal helm aku yang pecah. Helm aku pecah dengan biang kerok: Mas Yoga. Itu waktu baru dateng, aku lagi taruh tas, yang cowok kebawah buat periksa motor, terutama motor Puspita yang gak kuat. Nah, waktu itu helm aku jatuh apa gimana deh, gatau tuh Mas Yoga. Soalnya kan tuh helm aku taruh di motor mas Yoga. Mas Arditnya yang laporan, suruh marahin tuh mas Yoganya.

Bagian atas deket kaca pecah. Aih ya, itu helm favorit padahal (!_!) kok bisa sampe pecah, ya? Jatuhnya keras banget apa gimana, deh.
Tapi udahalah. Mungkin dia khilaf, gak sengaja juga kan pastinya. Lagian itu helm tuh udah 2x jatuh di kostan, 1x jatuh di jalanan pas aku lagi nyetir, dan 3x jatuh dari motor pas parkir, wkwk. Tapi kok ya rusaknya pas sama Mas Yoga?

Mangkanya, aku maafin. Itu helm udah dari dulu aku jatuhin gak sengaja terus. Pantesan sekarang rusak.

Bye, my helm.
***

Untuk apa kita naik motor, padahal ujung-ujungnya mas Arditya balik Hotel lagi. Parkirin motor disana, wkwk. Apa deh, gak jelas nih mereka.

“Harganya berapa tuh. Jangan-jangan mahal lagi.” celetuk mas Yoga sambil nyetir, waktu liat rumah makan, soalnya kan lagi tren di internet soal harga makanan yang gak wajar di sekitar objek wisata.

Mas Yoga, Mas Roni, aku, Mba Dinda berhenti di nasi goreng.
Mas Ardit sama mba Linda nyusul.
Mas Im, plus Puspita beli bakso. Padahal tuh ya, kita setujunya nasi goreng, jadi harus nya pada beli itu. Biar gak perlu misah tempat.
Akhirnya mas Arditya nyusul mas Imron, taruh motornya juga di Hotel, katanya, “Biar aku sama Linda ada yang nemenin jalan balik ke Hotel.”
Alasan yang konyol, mas.

Dan Motor mas Yoga + Mas Roni di parkirin depan Nasi Goreng.
Kita pesen nasi goreng semua, tanya harga dulu, kata bapaknya Rp.15.000,- kecuali mba Linda + mas Arditya. Mereka pesen mie apa entah, duh. Mie mulu, besok kan mau sarapan mie juga.

Btw, perut eyke penuh nih. Pas makan nasi Marem sengaja gak abis. Kebiasaan diet, sekarang jarang makan nasi, wkwk.

Nah, semalem tuh nasi gorengnya hampir abis malah. Soalnya kan nasi goreng itu nasi isinya, gada lauk yang bisa dimakan (-_-) tapi aku tetep menyisakan sesuatu, hiks. Dosa, ya gak di habisin.
Kata mas Yoga, “Nid, laper? Tumben hampir abis.”

Kalo makan diluar sama keluarga, bisa di omelin deh ini, “An, besok-besok umi sama abi gak mau beliin kamu makanan lagi. Gak dihabisin gitu.”
“An, itu makan dibeliin ya dihabisin dong.”
Bla bla bla.

Pulangnya beli aqua dulu. Plus mas Yoga beli jagung. Belom kenyang juga, yaelah. Perut cowok mah gitu. Aku selalu terjebak diantara obrolan mas Roni, mba Dinda, Mas Yoga, hiks. Mereka tuh kalau ngobrol serius deh. Beda lagi waktu mas Arditya ada di antara mereka. Jadi kocak, error, dan gada serius-seriusnya, kecuali di dalam forum. Nah, tanpa mas Ardit? Entah, ngobrolin apa juga eyke lupa.

Nyampe di Hotel, yang cowok pada parkirin motor di tempat gak terlihat. Biar aman, katanya.
Nutup gerbang, dll, dll.

Sebelum mulai tidur, kita rapat dulu sebentar. Bahas soal besok. Mau ke taman Balekambang, gak jadi. Akhirnya ke Solo aja, sholat jumat disana. Bikin estimasi waktu yang tepat. Niat ngapain aja di Solo. Kita juga mau ngasih oleh-oleh untuk dua anggota keluarga kita yang gak bisa ikut.

Setelah selesai, kita langsung menuju kamar masing-masing. Otw tidur nih. Jangan lupa gosok gigi. Tutup pintu, soalnya yang cewek pada lepas kerudung, kecuali Puspita.

Aku tidur berdua sama Puspita. Mba Linda sama mba Dinda. Njir… dingin banget. Aku yang sudah di kasur duluan setelah sholat isya, langsung meringkuk. Nah, Puspita tidur di pojokan deket jendela, dinginnya 2x lipat. Eh, dia tiba-tiba bisikin sesuatu, “Nidaaa… ke tengah lagi dong.”
Terus kita pelukan. Di tengah aja udah dingin banget. Pantesan aku meringkuk sampai pinggiran yang jauh dari jendela, haha.
Cerita di ruang sebelah gimana? Aku gak tau, ye. Mereka mungkin tidur juga. Muka nya aja kelihatan lelah.

Nah, seingatku, waktu ketika para cewek naik kasur 21.30 wib, kurang atau lebih. Jam 22.30 wib, aku beser lagi, gara-gara dingin.

Karena gak kuat, akhirnya memutuskan keluar. Pas buka pintu kaget, ada baju item-item mau buka pintu kamar sebelah. Lah, mas Yoga (-_-) kirain hantu, sempet melongo ke kamar cowok juga sih dengan mata merah. Gak keliatan, pada selimutan, wkwk. Anggap aja para cowok udah di kasur jam segituan.

Aku langsung ngacir ke kamar mandi. Ha!
***

lanjut ke part 2, kuy.


LINK PART 2:  REOR DPM PART 2

No comments:

Post a Comment

Bikin orang bahagia gampang, kok. Kamu ngasih komentar di postinganku saja aku bahagia.

- Kutunggu komentarmu.